RSS

Ini Jawaban Dari Tebakan “Duluan Manakah Ayam Sama Telor”

15 Jul

Tahu ngga tebakan Ayam sama Telor :?: Ya betul tebakannya adalah “duluan mana ayam sama telor”  Sudah lama sekali tebakan ini menjadi teka-teki dan perdebatan baik dari kalangan orang awam sampai orang-orang jenius. Entah kapan tebakan ini ada :lol: , yang jelas tebakan ayam sama telor membuat orang penasaran untuk mengetahui apa jawabanya.  Nah, postingan kali ini akan menjawab  sebenarnya duluan mana sih :mrgreen:  Ayam apa telor ya  :?: silahkan dibaca aja :arrow:

Para ilmuwan berhasil menjawab  salah satu tebak-tebakan tertua di dunia, mana yang lebih dulu, ayam, atau telur?

Melalui komputer super, tim dari Universitas Sheffield dan Warwick, Inggris  menemukan jawabannya. Apakah itu? Ayam.

Kepada laman Harian The Sun, ketua tim peneliti menjelaskan bagaimana mereka berhasil memecahkan teka-teki tersebut.

“Apa yang kami temukan adalah ‘kecelakaan’ yang menyenangkan. Awalnya, tujuan penelitian kami adalah menemukan bagaimana binatang membuat cangkang telur.”

Menurutnya,  selama ini, masyarakat telah menganggap remeh ayam. Kami tidak menyadari proses luar biasa yang ditunjukan para ayam dalam proses pembuatan telur.

“Sadarkah Anda, ketika memecahkan kulit telur rebus di pagi hari, Anda sedang menyaksikan salah satu material luar biasa di dunia.”

Cangkang telur memiliki kekuatan sangat luar biasa, meski beratnya sangat ringan. Manusia tak bisa membuat benda seperti itu, bahkan yang mendekatinya.

“Masalahnya, kita tak tahu bagaimana ayam membuat cangkangnya.”

Tim peneliti lalu menggunakan komputer super milik Dewan Riset Sains Inggris (UK Science Research Council) yang berbasis di Edinburgh. Komputer itu dinamakan HECToR (High End Computing Terascale Resource).

“Kami ingin menelusuri bagaimana telur terbentuk, dengan melihat proses detail telur secara mikroskopis.”

Yang pertama dicari adalah, mengetahui ‘resep’ yang digunakan ayam untuk membuat cangkang telur.

“Dengan bantuan komputer canggih, Kami memecahkan masalah ini selama berminggu-minggu. Sementara, ayam bisa menyusun cangkang itu hanya dalam semalam.”

Lucunya, pemilihan cangkang telur ayam sebagai fokus penelitian benar-benar tak disengaja. Para peneliti memilih telur ayam karena proteinnya sederhana untuk ditelaah.

Namun hasilnya ternyata sangat mengejutkan. “Kami memecahkan teka-teki sepanjang masa. Ini mengagumkan.”

Hasilnya, ditemukan protein khusus yang ada di tubuh ayam. Protein itu adalah adalah ‘tukang bangunan’ tanpa lelah, menyusun bagian-bagian cangkang mikroskopis membentuk cangkang telur.

Protein itu menginisiasi proses pembentukan cangkang sebelum menyusun bagian telur yang lain.

Tanpa protein pembangun tersebut, telur tak mungkin terbentuk. Dan, protein itu hanya ditemukan di rahim ayam. “Itu berati ayam ada duluan sebelum telur.”

Tapi, dari mana ayam berasal?

Beberapa teori mengatakan, nenek moyang ayam menciptakan telur zaman Dinosaurus.

“Penemuan kami sangat potensial. Sebab, cangkang telur dibentuk dari banyak kristal kecil. Kita bisa menggunakan informasi ini untuk mengetahui cara membuat dan menghancurkan struktur kristal lainnya.”

Sebagai contoh, untuk menghilangkan kerak di ceret maupun pipa.  Penelitian ini juga berimplikasi medis.

“Karena tubuh kita menggunakan metode yang sama untuk membuat gigi dan tulang, kita  bisa belajar lebih banyak tentang bagaimana membangun kembali tulang manusia.”  :roll:

Gimana menurut anda ………? 8-)

About these ads
 
23 Komentar

Posted by pada 15 Juli 2010 in Uncategorized

 

Tag: ,

23 responses to “Ini Jawaban Dari Tebakan “Duluan Manakah Ayam Sama Telor”

  1. tunsa

    16 Juli 2010 at 14:32

    kayaknya aku pernah baca ini deh bang? kalo gak salah di yahoo

     
    • aungelsofan

      16 Juli 2010 at 17:00

      Betul bang, nih aku copas dari viva news ….. :lol:

       
    • tunsa

      17 Juli 2010 at 07:36

      waah, berarti ingakanku tajam ya –narsis– hehe

       
    • aungelsofan

      17 Juli 2010 at 08:08

      memorinya belum penuh kaleee……hehehe …. :roll:
      Btw puas ngga dengan jawaban tebakan diatas …. :?:

       
    • tunsa

      17 Juli 2010 at 20:40

      nggak tau sich…yang jelas jadi tambah ingat akan kebesaran-Nya
      betul…betul…betulll…

       
  2. Heny Oliper

    16 Juli 2010 at 17:31

    Dah seriiiiiiiiiiiius banget ngebacanya…Eh ujunganya Lucu :mrgreen:

    HIDUP ^.6

     
    • aungelsofan

      16 Juli 2010 at 17:50

      hehehe …… gitu yah ……. :roll:

       
  3. yani

    18 Juli 2010 at 16:31

    mau telur atau ayam yang duluan, yang jelas Allah SWT yang menciptakan :)

     
    • aungelsofan

      18 Juli 2010 at 17:24

      betul….betul…..betul…… :mrgreen:

       
    • agito

      19 Juli 2010 at 23:04

      setuju dah, yang paling penting keduanya memang enak dilidah :mrgreen:

       
  4. ucupcuplay

    20 Juli 2010 at 18:36

    yang bener yang nyiptain yang duluan ,,,,,,,,,,
    hahahahahahahaha
    bner ga?

     
  5. aungelsofan

    21 Juli 2010 at 08:27

    Benar tuh, Kelas berapa sih sekarang ……. :?:
    wkwkwkwkwkwkwk :mrgreen:

     
  6. ucupcuplay

    21 Juli 2010 at 17:32

    baru mau naik kelas 1 om………………………..
    heheheheheheheheheheheheeee

     
  7. puchsukahujan

    25 Juli 2010 at 14:52

    wah, baru tau aku klo jawabannya ayam..

     
    • aungelsofan

      25 Juli 2010 at 17:37

      Ow baru tau ya ….. :oops: hehehe
      makasih dah berkunjung …… :mrgreen:

       
  8. eryl gepeng

    29 September 2010 at 19:18

    aku sih udah tau dari dulu lo’ ayam yng duluan. sow coba aja makan satE ayam dan bandingkan dngn mkan telur ayam… pasti enaan satEx……
    hehe

     
    • aungelsofan

      29 September 2010 at 20:56

      apalagi kalo gratis …… wkwkwkwkwkwk
      maksh dah berkunjung ….
      salam kenal … :)

       
  9. sensaido s dedi

    7 April 2012 at 17:45

    wah saya baru tahu om . . . . alasan nya . . . klo jawabannya saya sudah tahu tapi klo jawaban yang benar” ilmiah saya baru tahu nich om . . . . makasih om infonya . . . .

     
  10. ismailov

    24 Juni 2012 at 15:45

    hahahaha…
    Mangstrap…!

     
  11. nandailyasmauraga

    5 Desember 2012 at 08:42

    penjelasanya kurang memuaskan, penjelasanyakan karena ada “tukang bangunan” yg ada pada ayam. ya terus ayam yang jadi tukang banguanan itu dari mana, dari telur atau …. ?

     
  12. CAHAYU AYu

    10 Februari 2013 at 20:26

    Dari dulu ya pastila ayam dulu….lau g ada ayam g balal ada telur.masalah darimana awal mula ayam ,gataulah,itu keagungan allah semata.

     
  13. Agus āj̶̲̥̅̊jā

    21 Maret 2013 at 07:05

    Jadi ayamnya ƴɑ̤̥̈̊ñǧ pertama itu lahir atau menetas dari mana??? Apa dia turun dari surga juga seperti nabi Adam?? Atau karena radiasi atom tertentu (seperti Godzilla) makin bingung malah.

     
  14. Tiara nuraudy

    9 Maret 2014 at 12:30

    nenek moyang ayam nemuin tlur dinosarus kn sehrs,a jd ayam bkn dinosaurus

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: