MBUHRANGERTI BLOG'S

Berjalan Setapak Demi Setapak

MENANGIS

Emha Ainun Nadjib (1987)

Sehabis   sesiangan   bekerja   di    sawah-sawah  serta  disegala  macam
yang   diperlukan   oleh  desa  rintisan   yang  mereka  dirikan jauh  di
pedalaman,    Abah   Latif   mengajak    para   santri   untuk   sesering
mungkin  bersholat  malam.

Senantiasa    lama    waktu   yang   diperlukan,   karena   setiap   kali
memasuki   kalimat   ”   iyyaka    na’budu ”  Abah Latif  biasanya lantas
terhenti      ucapannya,      menangis     tersedu-sedu      bagai     tak
berpenghabisan.

Sesudah   melalui  perjuangan   batin yang   amat  berat untuk  melampaui
kata   itu,   Abah   Latif   akan   berlama-lama   lagi   macet  lidahnya
mengucapkan  ”  wa  iyyaka  nasta”in” .

Banyak   di   antara   jamaah  yang   turut  menangis,  bahkan  terkadang
ada  satu  dua  yang  lantas  ambruk  ke lantai   atau  meraung-raung.

“Hidup   manusia   harus   berpijak,    sebagaimana  setiap  pohon  harus
berakar,”   berkata  Abah Latif  seusai  wirid   bersama,  ”  Mengucapkan
kata-kata    itu    dalam    Al-fatihah   pun   harus   ada   akar   dan
pijakannya   yang  nyata  dalam   kehidupan.    ‘Harus’   di  situ  titik
beratnya    bukan   sebagai   aturan,    melainkan   memang   demikianlah
hakikat   alam,   di   mana   manusia    tak   bisa  berada  dan  berlaku
selain  di  dalam hakikat  itu.”

“Astaghfirulloh,   astaghfirulloh..,”  gemeremang mulut  para  santri.

”  Jadi,  anak-anakku,”  beliau  melanjutkan,   ”  apa  akar  dan pijakan
kita  dalam  mengucapkan  kepada  Alloh    ..iyyaka  na’budu?”

“Bukankah tak  ada  salahnya  mengucapkan  sesuatu   yang  toh  baik  dan
merupakan   bimbingan  Alloh   itu    sendiri,  Abah?”  bertanya  seorang
santri.

“Kita    tidak   boleh   mengucapkan   kata,  Nak,   kita   hanya   boleh
mengucapkan kehidupan.”

“Belum  jelas  benar  bagiku,  Abah?”

”   Kita   dilarang  mengucapkan kekosongan,   kita  hanya  diperkenankan
mengucapkan  kenyataan.”

“Astaghfirulloh,   astaghfirulloh..,”  geremang mulut  para  santri.

Dan   Abah   Latif   meneruskan,    ”   Sekarang ini  kita  mungkin sudah
pantas   mengucapkan     iyyaka   na’budu. KepadaMu  aku  menyembah. Tetapi kaum   Muslimin   masih belum  memiliki  suatu   kondisi  keumatan  untuk layak  berkata  kepadaMu  kami  menyembah,   na’budu.”

“Al-Fatihah   haruslah   mencerminkan  proses    dan  tahapan  pencapaian
sejarah  kita   sebagai   diri   pribadi    serta  kita  sebagai  ummatan
wahidah. Ketika   sampai  di kalimat  na’budu,   tingkat  yang harus  kita
telah   capai   lebih   dari  abdullah, yakni khalifatulloh. Suatu  maqom
yang   dipersyarati   oleh   kebersamaan   kamu  muslim  dalam  menyembah
Alloh   di  mana   penyembahan   itu    diterjemahkan   ke  dalam  setiap
bidang  kehidupan. Mengucapkan   iyyaka   na’budu   dalam  sholat mustilah
memiliki  akar  dan pijakan  di  mana  kita kaum   muslim  telah  membawa
urusan  rumah  tangga,  urusan perniagaan,  urusan   sosial  dan  politik
serta  segala  urusan  lain  untuk  menyembah   hanya  kepada  Alloh. Maka
anak-anakku,  betapa  mungkin dalam  keadaan kita  dewasa ini lidah kita
tidak   kelu   dan  airmata   tak   bercucuran  tatkala  harus mengucapan
kata-kata itu?”

“Astaghfirulloh,   astaghfirulloh..,”  gemeremang   para  santri.

“Al-fatihah    hanya  pantas   diucapkan   apabila  kita   telah   saling
menjadi   khalifatulloh   di dalam  berbagai   hubungan  kehidupan. Tangis
kita  akan   sungguh-sungguh   tak   tak    berpenghabisan  karena dengan
mengucapkan  wa   iyyaka  nasta’in, kita  telah   secara  terang-terangan
menipu   Tuhan. Kita   berbohong  kepada-Nya   berpuluh-puluh  kali  dalam
sehari.Kita  nyatakan  bahwa   kita  meminta   pertolongan  hanya  kepada
Alloh,   padahal    dalam    sangat    banyak  hal  kita   lebih   banyak
bergantung   kepada  kekuatan,  kekuasaan   dan   mekanisme   yang   pada
hakikatnya melawan Alloh.”

Astaghfirulloh,   astaghfirulloh..,”  geremang mulut   para  santri.

“Anak-anakku,  pergilah   masuk  ke dalam   dirimu  sendiri,  telusurilah
perbuatan-perbuatanmu   sendiri,   masuklah ke   urusan-urusan manusia di
sekitarmu,     pergilah     ke      pasar,     ke     kantor-kantor,    ke
panggung-panggung  dunia   yang   luas:    tekunilah,   temukanlah  salah
benarnya  ucapan-ucapanku  kepadamu. Kemudian  peliharalah   kepekaan  dan kesanggupan    untuk    tetap     bisa   menangis. Karena   alhamdulillah,
seandainya    sampai   akhir  hidup    kita  hanya  diperkenankan   untuk
menangis   karena   keadaan-keadaan  itu  :   airmata  saja  pun  sanggup
mengantarkan  kita  kepada-Nya.”

—————————————————-

Dari  :
Seribu  Masjid  Satu Jumlahnya
Tahajjud  cinta  seorang  hamba
Penerbit  Mizan  19995

Single Post Navigation

One thought on “MENANGIS

  1. upat upat bumi on said:

    wahai manusia atas nama kemanusiaan cinta tercipta tapi sering kau mencuri ilmu tuk kesenaganmu dan kehormatanmu semata mata ,,bang EM HA AKU PENGEMARMU BERAT BOLEH NGAK AKU BERTEMU KHUSUS DENGANMU SEKEDAR SEORANG YG HINA DAN FANA INI INGIN MENEMUKAN FANA YG LAIN ,JIKA KAU MEMANG MANUSIA YG SUDAH TIDAK MANUSIAWI KABULKANLAH PERMINTAAN TERAHIRKU ,TAPI AKU TERLALU MISKIN DUNIA ,HUBUNGI AKU PRIBADI ,,085293988314……….AKU RINDU BELAIAN SANG PENYAIR YG SUNYI………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: