MBUHRANGERTI BLOG'S

Berjalan Setapak Demi Setapak

Membuat Diary Untuk Melatih Daya Ingat

Mulailah buat diary anda sekarang. Setiap malam sebelum anda tidur sempatkanlah waktu beberapa menit untuk menuliskan apa saja yang terjadi seharian ini. Anda bisa memilih media apa saja yang paling anda sukai. Mungkin bagi anda menggunakan media buku tulis biasa akan lebih mudah daripada menulis di blog pribadi. Mungkin sebagian yang lain berfikir yang sebaliknya. Intinya jadikanlah kegiatan menulis diarymenjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anda.

Anda tidak diminta untuk terus menerus menulis diary sepanjang hidup anda dari sekarang. Anda bahkan bisa menghentikan kegiatan ini, kapan saja anda mau. Anda bisa berhenti ketika anda mulai merasakan kejenuhan dan kebosanan. Kebiasaan menulis diary seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anda dan bukan sebaliknya. Lakukanlah kegiatan ini untuk bersenang-senang (selain motivasi untuk meningkatkan daya ingat anda).

Siapkan media tulisnya, dan luangkanlah waktu sekitar 30 menit. Tanyakan beberapa hal berikut ini:

1. Apa saja aktifitas yang anda lakukan hari ini?
2. Dari kegiatan dan rutinitas anda seharian ini, apa ada suatu yang menarik (berbeda dari biasanya)?
3. Kejadian apa yang menarik hari ini? (jika ada, kejadian kejadian itu menarik buati anda?)
4. Apa ada hal-hal yang kurang anda sukai hari ini, apa hari ini begitu membuat anda kesal. Jika iya, alasannya kenapa?
5. Apa hari ini anda bertemu/berkenalan dengan orang baru? siapa, bagaimana orangnya? (anda ingat wajah dan penampilannya?, ingat pakaian yang dipakainya?, gaya rambutnya?-apa yang paling mengingatkan anda dari orang itu?)
6. Anda makan siang di mana hari ini? (dengan siapa saja, apa yang anda makan, apa anda masih ingat posisi/tempat duduk di mana anda makan siang?)

Berapa banyak pertanyaan yang bisa anda jawab? apakah anda menjawab dengan menyertakan gambar yang detil di kepala anda atau hanya gambaran umum? (misalnya pada waktu makan siang, apakah anda benar-benar ingat bagaimana suasana tempat makannya?, di mana anda duduk, bagaimana keadaan meja makannya, aroma di sekitar tempat makan dsb). Semakin detil gambar yang anda buat, maka semakin baik latihan anda.

Pertanyaan-pertanyaan di atas bisa anda ubah sendiri sesuai versi anda. Jangan terpaku pada pertanyaan di atas. Karena pertanyaan di atas hanya sebagai contoh. Jangan juga terpaku pada urutan pertanyaan. Intinya Anda bebas untuk mengingat apa yang mau anda ingat. Karena begitu kegiatan ini membuat anda jenuh, maka tidak akan ada gunanya.

Pada awalnya mungkin anda akan terasa sedikit pusing, seakan otak anda terbebani hal yang berat. Namun alangkah baiknya kalau anda tidak begitu saja menyerah di sini. Karena hal itu adalah hal yang wajar, jika anda sebelumnya belum pernah melakukan latihan seperti ini.

Jika anda mulai menyukai kegiatan di atas, teruslah berlatih dengan pertanyaan yang lebih banyak. Teruslah tambah porsi latihan anda dengan tetap memperhatikan bagian detil dari pengalaman anda seharian itu.

Selamat berlatih….

sumber : manemonik.com

Single Post Navigation

2 thoughts on “Membuat Diary Untuk Melatih Daya Ingat

  1. kalo aku diarynya di blog aja mas, hehe…gak punya buku diary.
    salam

  2. aungelsofan on said:

    Salam ……..
    hehehe bener mas …..
    dimanapun jadi ……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: